Berita & Kegiatan

04/02/24 - Shcolarship Talks : Beasiswa Sobat Bumi Pertamina, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Prestasi Pemprov Riau
WhatsApp-Image-2024-02-06-at-11.40.48

Shcolarship Talks : Beasiswa Sobat Bumi Pertamina, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Prestasi Pemprov Riau yang diadakan oleh Debate Club Fakultas Hukum Universitas Riau adalah kegiatan daring yang diselenggarakan pada hari Minggu, tanggal 04 Februari 2024, dengan tujuan untuk memperkenalkan dan memberikan informasi seluas-luasnya kepada mahasiswa S-1 terkait dengan program Beasiswa Sobat Bumi Pertamina, Beasiswa Bank Indonesia, dan Beasiswa Prestasi Pemprov Riau. Diharapkan kegiatan ini akan membantu para mahasiswa yang sedang mencari maupun membutuhkan beasiswa.
Kegiatan ini mendapat antusias yang luar biasa yang mana terdapat 360 orang pendaftar yang berasal dari 129 universitas, baik negeri maupun swasta, dan sekitar 97 program studi, serta beberapa pendaftar yang masih duduk di bangku SMA/sederajat.

25/01/24 - Kunjungan Fakultas Hukum Universitas Riau ke Oditurat Militer I-03 Pekanbaru

Guna memperluas kerjasama Fakultas Hukum Universitas Riau, pada Jum’at 19 Januari 2024 Dekan beserta jajarannya menyambangi Oditurat Militer I-03 Pekanbaru. Kunjungan disambut baik oleh Kaotmil I-30 Pekanbaru, Letkol Chk Yafriza Gutubela, S.H. Dalam kesempatan tersebut Dekan menyampaikan beberapa rencana yang akan dilakukan jika kerjasama telah terjalin yaitu kesempatan Magang bagi Mahasiswa MBKM, memfasiltasi Dosen Luar Biasa dari Pihak Militer untuk mengajar di FH UNRI sebagai Praktisi, dan agar Mahasiswa semakin paham akan hukum-hukum yang berlaku di dunia Militer. Letkol. Yafriza juga menyampaikan bahwa mereka menyambut baik tawaran kerjasama baik itu dalam hal Mahasiswa Magang dan lainnya, beliau juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan dibuka Pengadilan Militer di Pekanbaru.
#FHUNRI#HumasUNRI

22/01/24 - MoU Fakultas Hukum Universitas Riau dengan Lembaga Bantuan Hukum Tuah Negeri Nusantara Kota Pekanbaru

Senin, 22 Januari 2024 FH UNRI menjalin Kerjasama/MoU dengan Lembaga Bantuan Hukum Tuah Negeri Nusantara Kota Pekanbaru. Acara dibuka langsung oleh Dekan FH UNRI, Dr. Maria Maya Lestari, S.H.,M.H.,M.Sc diiringi dengan sambutan dari Ketua LBH, Gilang Ramadhan, S.H.,M.H. Gilang menyampaikan bahwa LBH Tuah Negeri Nusantara KOta Pekanbaru selalu membuka kesempatan bagi Mahasiswa untuk melaksanakan magang di LBH yang beliau pimpin, agar Mahasiswa bisa memperluas wawasan, menimba ilmu dan sekaligus mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di bangku perkuliahan.

22/01/24 - Kegiatan Foging di Lingkungan Fakultas Hukum Universitas Riau

Perguruan tinggi tidak hanya menjadi tempat untuk menimba ilmu, tetapi juga menjadi ajang bagi mahasiswa untuk aktif dalam kegiatan di luar ruang kelas. Salah satu organisasi yang memiliki peran vital dalam menciptakan lingkungan kampus yang sehat dan nyaman adalah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Dalam konteks ini, BEM Fakultas Hukum Universitas Riau memperlihatkan komitmennya terhadap kesejahteraan mahasiswa melalui kegiatan fogging.

Fogging merupakan metode pengendalian vektor yang dilakukan dengan menyemprotkan cairan insektisida ke udara dalam bentuk kabut halus. Tujuan utamanya adalah untuk mengendalikan populasi nyamuk yang menjadi vektor penyakit, seperti demam berdarah dan chikungunya. Fogging biasanya dilakukan di area terbuka maupun tertutup, termasuk lingkungan kampus.

BEM Fakultas Hukum Universitas Riau mengadakan kegiatan fogging sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran penyakit yang dapat ditularkan oleh nyamuk. Kegiatan ini dilakukan secara terencana dan kolaboratif antara BEM, pihak universitas, dan instansi terkait dalam bidang kesehatan.

Melalui kegiatan fogging, BEM Fakultas Hukum Universitas Riau telah menunjukkan komitmen nyata terhadap kesejahteraan mahasiswa dan lingkungan kampus. Upaya ini tidak hanya menciptakan lingkungan yang lebih aman dan sehat tetapi juga membangun kesadaran kolektif akan peran setiap individu dalam menjaga kebersihan. Semoga kegiatan positif seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan lainnya untuk mengadopsi langkah serupa dalam upaya menciptakan lingkungan belajar yang optimal.

18/01/24 - Evaluasi dan Pertemuan Dosen dalam Rangka Persiapan Perkuliahan Semester Genap 2023/2024

Setiap pergantian semester adalah momen penting bagi dunia pendidikan tinggi. Persiapan perkuliahan untuk semester genap 2023/2024 merupakan langkah awal untuk memastikan kelancaran proses belajar-mengajar. Dalam upaya ini, dosen memainkan peran kunci melalui evaluasi hasil semester sebelumnya dan pertemuan yang dirancang untuk mematangkan rencana pembelajaran.

Sebelum menyusun rencana perkuliahan baru, evaluasi hasil semester sebelumnya menjadi langkah pertama. Dosen mengevaluasi pencapaian pembelajaran, respons mahasiswa, dan efektivitas metode pengajaran. Analisis ini memberikan wawasan berharga untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran di semester mendatang.

Pertemuan dosen adalah forum yang diatur khusus untuk membahas evaluasi hasil semester lalu dan merancang strategi untuk semester mendatang. Dalam suasana kolaboratif, dosen berbagi pengalaman, tantangan, dan ide-ide inovatif. Diskusi ini membantu menciptakan strategi pembelajaran yang lebih adaptif dan responsif terhadap kebutuhan mahasiswa.

Topik Diskusi Pertemuan Dosen Fakultas Hukum :

  1. Evaluasi Kurikulum:

    • Dosen mengevaluasi kurikulum yang ada, mengidentifikasi mata kuliah yang perlu diperbarui atau disesuaikan dengan perkembangan terkini.
  2. Analisis Kinerja Mahasiswa:

    • Membahas pencapaian dan tantangan mahasiswa pada semester sebelumnya untuk mengidentifikasi area di mana perbaikan diperlukan.
  3. Inovasi Metode Pengajaran:

    • Dosen saling berbagi pengalaman dalam menerapkan metode pengajaran yang inovatif dan efektif.
  4. Penggunaan Teknologi Pendidikan:

    • Membahas pemanfaatan teknologi pendidikan untuk meningkatkan interaktifitas dan efisiensi pembelajaran.
  5. Pengembangan Materi Pembelajaran:

    • Perencanaan pengembangan materi pembelajaran yang relevan dan menarik bagi mahasiswa.

Pertemuan dosen Fakultas Hukum ini merupakan bagian dari persiapan perkuliahan semester genap 2023/2024 adalah langkah proaktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Fakultas Hukum Universitas Riau. Dengan evaluasi yang cermat dan diskusi kolaboratif, diharapkan bahwa semester mendatang akan memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih baik dan memenuhi harapan mahasiswa. Inisiatif seperti ini menegaskan komitmen dosen untuk memberikan pendidikan yang relevan dan bermakna bagi mahasiswa.

30/11/23 - Info Pendaftaran Wisuda Februari 2024

Wisuda merupakan momen istimewa yang ditunggu-tunggu oleh setiap mahasiswa sebagai penanda selesainya perjalanan akademis mereka di perguruan tinggi. Universitas Riau dengan bangga mengumumkan informasi pendaftaran wisuda untuk periode Februari 2024, memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan studi mereka untuk merayakan prestasi tersebut bersama keluarga, teman, dan universitas.

Pendaftaran wisuda untuk periode Februari 2024 akan dibuka pada tanggal 1 Dsember 2023 dan berlangsung hingga 31 Desember 2023. Mahasiswa yang memenuhi persyaratan dan ingin berpartisipasi dalam upacara wisuda diharapkan mendaftar selama periode pendaftaran yang telah ditentukan.

Persyaratan Pendaftaran:

  1. Pemenuhan Syarat Akademis:

    • Mahasiswa harus telah menyelesaikan semua persyaratan akademis yang diperlukan untuk mendapatkan gelar.
  2. Pembayaran Biaya Wisuda:

    • Mahasiswa diwajibkan untuk melunasi biaya wisuda sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh universitas.
  3. Pemilihan Kategori Wisuda:

    • Mahasiswa diharapkan memilih kategori wisuda yang sesuai, seperti Sarjana (S1) atau Magister (S2), sesuai dengan program studi yang diambil.
  4. Verifikasi Data Pribadi:

    • Verifikasi data pribadi mahasiswa untuk memastikan keakuratan informasi yang akan dicetak di dalam surat keputusan wisuda.

Proses Pendaftaran:

  1. Akses Portal Wisuda:

    • Mahasiswa dapat mengakses portal wisuda yang telah disediakan oleh universitas melalui situs resmi.
  2. Login dengan Akun Mahasiswa:

    • Gunakan akun mahasiswa untuk login ke portal dan akses formulir pendaftaran wisuda.
  3. Isi Formulir Pendaftaran:

    • Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang benar dan lengkap, termasuk pemilihan kategori wisuda dan data pribadi.
  4. Pembayaran Biaya Wisuda:

    • Lakukan pembayaran biaya wisuda sesuai dengan petunjuk yang tertera di portal.
  5. Verifikasi Data:

    • Setelah pembayaran selesai, verifikasi kembali data yang telah diisi untuk memastikan keakuratan informasi.
  6. Cetak Bukti Pendaftaran:

    • Cetak bukti pendaftaran sebagai tanda bahwa proses pendaftaran wisuda telah berhasil dilakukan.

Keterangan Tambahan:

  • Bagi mahasiswa yang menghadapi kendala atau memiliki pertanyaan terkait proses pendaftaran wisuda, dapat menghubungi bagian akademik atau layanan mahasiswa yang telah ditentukan.

  • Rincian lebih lanjut mengenai jadwal pelaksanaan wisuda, lokasi, dan persiapan lainnya akan diumumkan lebih lanjut oleh panitia wisuda.

20/11/23 - Larangan Melaksanakan Aktivitas di Malam Hari dan Pembatasan Akses Masuk di Lingkungan Kampus Universitas Riau

Universitas Riau, sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berkomitmen terhadap keamanan dan kesejahteraan mahasiswa, dosen, dan staf, telah mengambil langkah-langkah proaktif untuk memastikan lingkungan kampus tetap aman dan kondusif. Sebagai bagian dari upaya ini, diberlakukan larangan melaksanakan aktivitas di malam hari dan pembatasan akses masuk di lingkungan kampus.

1. Larangan Melaksanakan Aktivitas di Malam Hari:

Demi keamanan dan kenyamanan seluruh anggota kampus, pihak universitas mengumumkan larangan melaksanakan aktivitas di malam hari di dalam lingkungan kampus. Larangan ini mencakup kegiatan akademis dan non-akademis seperti perkuliahan malam, pertemuan kelompok, dan kegiatan organisasi mahasiswa. Langkah ini diambil untuk meminimalkan risiko kejahatan dan menjaga ketertiban di kampus.

2. Pembatasan Akses Masuk:

Pembatasan akses masuk di kampus menjadi langkah lanjutan yang diambil oleh universitas untuk mengendalikan keamanan. Pembatasan ini dilakukan dengan:

  • Pintu Gerbang Terkendali:

    • Pintu gerbang kampus akan dijaga dan dikendalikan oleh petugas keamanan untuk memastikan hanya mereka yang memiliki hak akses yang dapat memasuki area kampus.
  • Jam Operasional Pintu Masuk:

    • Penentuan jam operasional pintu masuk akan diterapkan untuk membatasi waktu akses, terutama pada malam hari. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kejadian yang tidak diinginkan.

3. Alasan dan Manfaat Langkah-langkah Ini:

  • Keamanan dan Keselamatan:

    • Langkah-langkah ini diambil untuk menjaga tingkat keamanan dan keselamatan seluruh komunitas kampus.
  • Pencegahan Kejahatan:

    • Pembatasan akses dan larangan aktivitas malam hari adalah tindakan preventif untuk mengurangi potensi kejahatan di dalam kampus.
  • Ketertiban Kampus:

    • Dengan penerapan aturan ini, diharapkan dapat menciptakan ketertiban di dalam lingkungan kampus.

4. Informasi dan Penegakan Aturan:

  • Informasi terkait aturan larangan aktivitas di malam hari dan pembatasan akses masuk akan disebarluaskan kepada seluruh anggota kampus melalui berbagai saluran komunikasi resmi universitas.

  • Penegakan aturan ini akan dilakukan secara tegas dan konsisten demi menciptakan lingkungan kampus yang aman dan nyaman.

Langkah-langkah larangan melaksanakan aktivitas di malam hari dan pembatasan akses masuk di lingkungan kampus Universitas Riau mencerminkan komitmen universitas dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan anggotanya. Semua pihak diharapkan untuk mematuhi aturan ini demi menciptakan lingkungan akademis yang aman dan produktif.

13/11/23 -Diklat Kontrak Drafting & Kemahiran Penyusunan Dokumen Hukum

Dalam dunia hukum, kemampuan menyusun dokumen hukum yang baik sangat penting. Universitas Riau dengan bangga mengumumkan pelaksanaan Diklat Kontrak Drafting & Kemahiran Penyusunan Dokumen Hukum, sebuah acara yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa fakultas hukum dalam menyusun dokumen hukum secara efektif dan profesional. Artikel ini akan membahas materi diklat, persyaratan pendaftaran, serta pelaksanaannya.

Materi Diklat:

  1. Teknik Menyusun Surat Kuasa Khusus dan Penyusunan Somasi:

    • Peserta akan memperoleh pemahaman mendalam tentang teknik penyusunan surat kuasa khusus dan somasi, termasuk aspek legal dan format yang sesuai.
  2. Teknik Menyusun Gugatan (Perdata dan PTUN):

    • Materi ini membahas teknik penyusunan gugatan dalam konteks perdata dan Perselisihan Tata Usaha Negara (PTUN), mencakup substansi hukum dan tata cara penyusunan yang benar.
  3. Teknik Penyusunan Naskah Akademik:

    • Peserta akan diajarkan cara menyusun naskah akademik yang berkualitas, termasuk tata cara penelitian hukum, pengembangan argumen, dan penyajian yang jelas.

Persyaratan Mengikuti Diklat:

  • Peserta diklat ini terbuka untuk mahasiswa semester 5 dan 7 fakultas hukum Universitas Riau.
  • Peserta diwajibkan mengikuti seluruh rangkaian acara kegiatan diklat dari awal sampai akhir.
  • Setiap peserta harus mengikuti ujian kompetensi sebagai penilaian terhadap pemahaman dan keterampilan yang diperoleh selama diklat.

Pelaksanaan Acara

  1. Pembukaan dan Sambutan:

    • Acara akan diawali dengan sambutan dari dekan fakultas hukum dan pembukaan resmi oleh perwakilan Laboratorium Fakultas Hukum.
  2. Sesi Pembelajaran dan Workshop:

    • Materi diklat akan disampaikan melalui sesi pembelajaran dan workshop oleh dosen-dosen berpengalaman dan praktisi hukum.
  3. Ujian Kompetensi:

    • Ujian kompetensi akan dilaksanakan pada akhir diklat untuk menilai pemahaman dan kemahiran peserta dalam menyusun dokumen hukum.
  4. Penutup dan Penyerahan Sertifikat:

    • Acara akan ditutup dengan kata-kata penutup dan penyerahan sertifikat kepada peserta yang berhasil menyelesaikan diklat.

Penyelenggara Acara:

Diklat ini diselenggarakan oleh Laboratorium Fakultas Hukum Universitas Riau dan Badan Konsultasi dan Bantuan Hukum Universitas Riau, dua entitas yang berkomitmen untuk memberikan dukungan akademik dan praktis kepada mahasiswa dalam pengembangan keterampilan hukum mereka.

Diklat Kontrak Drafting & Kemahiran Penyusunan Dokumen Hukum adalah inisiatif positif yang memberikan peluang bagi mahasiswa fakultas hukum Universitas Riau untuk mengasah kemampuan praktis mereka dalam menyusun dokumen hukum. Diharapkan acara ini memberikan manfaat yang besar dan meningkatkan daya saing mahasiswa di dunia profesional hukum.

03/11/23 - Coaching Clinic Publikasi Internasional dalam Rangka Meningkatkan IKU Fakultas Hukum Universitas Riau

Pentingnya penelitian dan publikasi internasional dalam dunia akademis semakin diakui sebagai indikator kualitas sebuah fakultas. Universitas Riau, khususnya Fakultas Hukum, merespon hal ini dengan menggelar “Coaching Clinic Publikasi Internasional.” Acara ini dirancang untuk memberikan panduan dan dukungan kepada dosen dan peneliti dalam upaya meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) Fakultas Hukum menuju tingkat internasional.

Fokus Coaching Clinic:

  1. Strategi Publikasi Internasional:

    • Peserta akan diberikan wawasan mendalam tentang strategi efektif dalam menulis dan mempublikasikan karya ilmiah di jurnal internasional terindeks.
  2. Pemahaman Tentang Indeksasi Jurnal:

    • Melibatkan penjelasan rinci mengenai indeksasi jurnal, peserta akan diajak untuk memahami pentingnya memilih jurnal yang relevan dan terindeks untuk meningkatkan visibilitas riset.
  3. Penyusunan Artikel Ilmiah yang Berkualitas:

    • Coaching akan mencakup teknik penulisan artikel ilmiah yang berkualitas, melibatkan struktur penulisan yang baik, pemanfaatan literatur, dan metode penelitian yang solid.
  4. Manajemen Waktu dan Produktivitas Peneliti:

    • Peserta akan diajarkan keterampilan manajemen waktu yang efektif dan strategi produktivitas untuk mendukung kelancaran proses penelitian dan publikasi.

Tujuan Acara:

  • Meningkatkan Publikasi Internasional: Memberikan dukungan agar dosen dan peneliti Fakultas Hukum Universitas Riau dapat meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi internasional.

  • Optimalisasi Indeksasi Jurnal: Memastikan pemahaman peserta tentang pentingnya memilih jurnal yang terindeks untuk meningkatkan citasi dan dampak penelitian.

  • Peningkatan Kualitas Riset: Melalui pemahaman mendalam tentang teknik penulisan dan metode penelitian, diharapkan kualitas penelitian yang dihasilkan semakin berkualitas.

  • Pengembangan Karir Akademis: Memberikan bekal bagi dosen dan peneliti untuk meraih prestasi dan pengakuan di tingkat internasional, mendukung pengembangan karir akademis mereka.

Penyelenggara:

Acara ini diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Riau, dengan melibatkan para dosen berpengalaman dan praktisi penelitian internasional.

“Coaching Clinic Publikasi Internasional” merupakan langkah konkret Fakultas Hukum Universitas Riau dalam mendukung dosen dan peneliti untuk meraih tingkat keunggulan internasional. Dengan membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan, diharapkan fakultas ini akan semakin bersinar di panggung akademis global.

01/11/23 - Pengukuhan Guru Besar di Lingkungan Universitas Riau

Pengukuhan sebagai Guru Besar adalah prestasi luar biasa yang mencerminkan dedikasi, kompetensi, dan kontribusi luar biasa dalam dunia akademis. Universitas Riau dengan bangga mengucapkan selamat dan sukses kepada para akademisi yang telah mencapai penghargaan tersebut. Ucapan selamat dan inspiratif ini disampaikan oleh Dekan Fakultas Hukum, Dr. Maria Maya Lestari, S.H., M.H., M.Sc.

Dalam sambutannya, Dr. Maria Maya Lestari menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada para akademisi yang baru saja diukuhkan sebagai Guru Besar. Ia menekankan betapa pentingnya prestasi ini sebagai bentuk pengakuan atas kontribusi dan pengabdian yang luar biasa dalam bidang akademis. Dekan Fakultas Hukum juga menyampaikan pesan inspiratif kepada para Guru Besar yang baru diukuhkan. Ia mengajak mereka untuk terus menjaga semangat riset, menginspirasi generasi penerus, dan berkontribusi positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Ucapan selamat dan sukses dari Dekan Fakultas Hukum Universitas Riau, Dr. Maria Maya Lestari, mencerminkan apresiasi dan kebanggaan atas prestasi para Guru Besar. Semoga prestasi ini menjadi dorongan bagi mereka untuk terus memberikan kontribusi yang berharga dalam dunia akademis dan membawa kemajuan bagi institusi dan masyarakat

17/10/23 - Perayaan Milad ke-61 Universitas Riau (UNRI): Kebersamaan, Prestasi, dan Pelayanan Masyarakat

Rangkaian perayaan Milad ke-61 Universitas Riau (UNRI) berhasil menciptakan momen yang penuh semangat, kebersamaan, dan prestasi. Dimulai dari Upacara Pembukaan pada 26 September 2023 yang menampilkan keberagaman pakaian adat dari seluruh Indonesia, hingga akhirnya di Closing Ceremony pada 8 Oktober 2023 di Gedung PKM UNRI, Gobah, kehangatan dan kegembiraan terasa di setiap sudut kampus.

Malam Penganugerahan dan Peluncuran Sistem Informasi Akademik Baru:

Pada 2 Oktober 2023, Malam Penganugerahan di Aryadutha Hotel menjadi sorotan utama. Acara ini menjadi wadah penghargaan bagi mantan Rektor dan Dosen-dosen berprestasi UNRI. Tidak hanya itu, momentum tersebut juga digunakan untuk meluncurkan Sistem Informasi Akademik terbaru, menandai langkah maju universitas dalam mengadopsi teknologi terkini.

Keberagaman Lomba dan Kompetisi:

Milad UNRI ke-61 tak lepas dari semarak lomba dan kompetisi. Turnamen Badminton antar Unit se UNRI, pertandingan Takraw Putra, Tenis Meja, dan Volleyball Putra dan Putri menyajikan pesaing yang tangguh dan semangat persaingan yang tinggi. Lomba Tarik Tambang, lomba masak khusus Bapak-bapak, lomba Debat, Pemilihan Duta, dan lomba Paduan Suara semakin memeriahkan perayaan ini.

Jalan Santai dan Hadiah Melimpah:

Pada Sabtu, 7 Oktober 2023, acara Jalan Santai menjadi momen berkesan dengan penuh keceriaan. Hadiah berlimpah dari partisipasi semua Unit se-UNRI dan seluruh Mitra UNRI seperti APRIL, Hutama Karya, BSI, BTN, Bank Mandiri, BNI, BTN Syariah, BRK Syariah, BRI semakin menambah semangat para peserta.

Kegiatan Sosial dan Pelayanan Masyarakat:

Sementara kegiatan sosial dan pelayanan masyarakat juga menjadi fokus perayaan Milad. Pengobatan gratis bagi masyarakat sekitar dan pembagian sembako adalah bentuk nyata dari komitmen UNRI dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Dukungan dan Rasa Syukur dari Fakultas Hukum UNRI:

Fakultas Hukum UNRI, selaku pelaksana Milad UNRI tahun ini, merasa sangat bersyukur karena seluruh rangkaian acara berlangsung dengan lancar dan meriah. Keberhasilan ini juga menjadi hasil kerjasama dan koordinasi dari seluruh elemen di lingkungan fakultas.

Harapan untuk Masa Depan:

Melalui perayaan Milad ke-61 yang meriah ini, UNRI menyampaikan harapan agar institusi ini semakin jaya dan gemilang di masa yang akan datang. Semua pencapaian dan momen kebersamaan dalam Milad kali ini menjadi pijakan untuk terus berkembang dan memberikan kontribusi maksimal bagi dunia akademis dan masyarakat.

Semoga semangat kebersamaan dan pencapaian yang diraih dalam Milad ke-61 Universitas Riau ini akan menjadi landasan kuat untuk menghadapi tantangan di masa depan dan melanjutkan tradisi keunggulan yang telah dibangun selama ini.

1509/23 - BSI Scholarship Inspirasi 2023: Membangun Masa Depan melalui Pendidikan Berkualitas

Pendidikan menjadi pilar utama dalam membangun masa depan yang lebih baik. Menyadari pentingnya peran pendidikan dalam memajukan industri ekonomi syariah, Bank Syariah Indonesia (BSI) dan BSI Maslahat dengan bangga mempersembahkan BSI Scholarship Inspirasi 2023. Program beasiswa ini bukan hanya sekadar memberikan bantuan finansial, tetapi juga sebuah komitmen untuk memberdayakan generasi muda demi kemajuan ekonomi syariah.

Visi Mendorong Kemajuan Ekonomi Syariah:

BSI Scholarship Inspirasi 2023 bukan hanya sebatas bantuan dana pendidikan. Ini adalah upaya nyata dari BSI dan BSI Maslahat untuk mendorong kemajuan ekonomi syariah melalui investasi dalam pendidikan. Dengan memberikan akses ke pendidikan berkualitas, program ini bertujuan untuk mencetak generasi yang tidak hanya memiliki keahlian akademis, tetapi juga pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip ekonomi syariah.

Fokus pada Pendidikan Berkualitas:

Percaya bahwa pendidikan adalah kunci keberhasilan, BSI Scholarship Inspirasi 2023 menekankan pada kualitas. Program ini memberikan dukungan finansial kepada para penerima beasiswa untuk mengejar pendidikan tinggi di berbagai bidang studi yang relevan dengan pengembangan ekonomi syariah. Dengan demikian, diharapkan para penerima beasiswa dapat menjadi agen perubahan yang mampu menghadirkan inovasi dan kontribusi positif di dalam industri.

Bagaimana Anda Dapat Bergabung?

Proses pendaftaran untuk BSI Scholarship Inspirasi 2023 sangat mudah. Cukup akses link pendaftaran melalui https://linktr.ee/BSI_Scholarship, dan Anda akan diarahkan ke halaman resmi program. Di sana, Anda akan menemukan informasi lengkap tentang persyaratan pendaftaran, tahapan seleksi, dan semua yang perlu Anda ketahui untuk mengikuti program ini.

Dukungan Penuh untuk Masa Depan Umat:

BSI dan BSI Maslahat tidak hanya memberikan beasiswa, tetapi juga memberikan dukungan penuh kepada para penerima beasiswa. Melalui program ini, diharapkan para mahasiswa tidak hanya mendapatkan pendidikan formal, tetapi juga pelatihan tambahan dan mentorship yang akan memperkuat kemampuan mereka di dunia nyata.

Harapan untuk Masa Depan yang Lebih Baik:

BSI Scholarship Inspirasi 2023 menjadi bentuk nyata dari keyakinan bahwa melalui pendidikan berkualitas, kita dapat membangun masa depan yang lebih baik. Program ini mengajak generasi muda untuk menjadi pemimpin masa depan yang memiliki integritas, keahlian, dan pemahaman mendalam tentang ekonomi syariah. Dengan begitu, diharapkan mereka dapat berkontribusi secara signifikan terhadap perkembangan positif dalam industri ekonomi syariah.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari BSI Scholarship Inspirasi 2023. Segera akses link pendaftaran, dan bersiaplah untuk meraih peluang pendidikan dan pengembangan diri yang tak ternilai. Masa depan yang cerah menanti, dan BSI serta BSI Maslahat siap membantu Anda mempersiapkannya dengan baik.

05/09/23 - Informasi Pelaksanaan Tes TOEFL Semester Ganjil 2023/2024

Jadwal Tes TOEFL Ganjil untuk tahun ajaran 2023/2024 telah diumumkan, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris mereka. Artikel ini akan memberikan wawasan tentang prosedur pelaksanaan tes TOEFL serta informasi penting yang terdapat pada gambar di atas.

Prosedur Pendaftaran:

Proses pendaftaran untuk Tes TOEFL Ganjil 2023/2024 dapat diakses melalui portal resmi universitas. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam proses pendaftaran:

  1. Akses Portal Pendaftaran: Kunjungi situs resmi universitas dan temukan halaman khusus pendaftaran TOEFL.

  2. Isi Formulir Pendaftaran: Lengkapi formulir pendaftaran dengan informasi yang dibutuhkan, termasuk nama lengkap, nomor mahasiswa, dan program studi.

  3. Pilih Jadwal dan Lokasi: Pilih tanggal dan lokasi pelaksanaan tes sesuai dengan preferensi dan ketersediaan tempat.

  4. Pembayaran Biaya Pendaftaran: Setelah mengisi formulir, lakukan pembayaran biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  5. Konfirmasi Pendaftaran: Terima konfirmasi pendaftaran melalui email atau portal resmi, dan pastikan mencetak bukti pendaftaran sebagai referensi.

Persiapan Tes TOEFL:

Untuk mempersiapkan diri menghadapi Tes TOEFL, mahasiswa disarankan untuk:

  • Mengikuti Pelatihan TOEFL: Manfaatkan sumber daya online atau program pelatihan TOEFL yang tersedia untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan bahasa Inggris.

  • Simulasi Tes: Lakukan beberapa simulasi tes TOEFL untuk mengukur kemampuan Anda dan menjadi akrab dengan format tes.

  • Baca Panduan Resmi: Periksa panduan resmi tes TOEFL untuk memahami struktur tes, jenis pertanyaan, dan kriteria penilaian.

Informasi Penting pada Gambar di Atas:

Gambar di atas menyajikan informasi penting terkait pelaksanaan Tes TOEFL Ganjil 2023/2024. Beberapa informasi yang dapat ditemukan meliputi:

  • Jadwal dan Lokasi: Tanggal dan lokasi pelaksanaan tes untuk setiap program studi.

  • Biaya Pendaftaran: Rincian biaya pendaftaran dan instruksi pembayaran.

  • Syarat Kelulusan: Persyaratan minimal kelulusan tes dan penjelasan mengenai skor yang diharapkan.

  • Kontak Penting: Informasi kontak yang dapat dihubungi untuk pertanyaan lebih lanjut atau bantuan teknis.

Kesimpulan:

Pelaksanaan Jadwal Tes TOEFL Ganjil 2023/2024 merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris mereka. Dengan mengikuti prosedur pendaftaran dan mempersiapkan diri secara matang, mahasiswa dapat menjalani tes ini dengan percaya diri. Untuk informasi lebih lanjut, pastikan untuk merujuk pada gambar di atas dan menghubungi pihak yang berwenang. Semoga tes TOEFL menjadi langkah awal menuju kemahiran bahasa Inggris yang lebih baik.

05/09/23 - Kunjungan Membangun Sinergi: Komisi Yudisial Riau ke Fakultas Hukum Universitas Riau

Fakultas Hukum Universitas Riau baru-baru ini mendapatkan kehormatan dengan kunjungan dari Komisi Yudisial Riau, sebuah momen yang memperkuat sinergi antara dunia pendidikan dan lembaga yudisial. Kunjungan ini menjadi titik temu antara akademisi dan praktisi hukum yang berupaya untuk meningkatkan pemahaman dan kerjasama di bidang hukum.

Tujuan Kunjungan:

Kunjungan Komisi Yudisial Riau ke Fakultas Hukum memiliki tujuan utama untuk mempererat hubungan antara lembaga akademis dan lembaga yudisial. Langkah ini sejalan dengan semangat untuk membangun jembatan antara teori hukum yang diajarkan di kampus dengan realitas praktik di dalam pengadilan.

Rangkaian Kegiatan:

  1. Dialog Interaktif: Kunjungan ini dimulai dengan sesi dialog interaktif antara perwakilan Komisi Yudisial Riau dan dosen mahasiswa Fakultas Hukum. Pertukaran pandangan mengenai perkembangan hukum, tantangan di lapangan, dan peran mahasiswa dalam menghadapi dinamika hukum menjadi fokus utama diskusi.

  2. Pemaparan Materi Hukum Aktual: Komisi Yudisial menyampaikan pemaparan mengenai isu-isu hukum aktual dan perkembangan terkini di dunia hukum. Hal ini bertujuan untuk memberikan wawasan lebih mendalam kepada mahasiswa mengenai aplikasi teori hukum dalam konteks kehidupan nyata.

  3. Simulasi Pengadilan: Sebagai bagian dari kunjungan, diadakan pula simulasi pengadilan yang melibatkan mahasiswa Fakultas Hukum. Aktivitas ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan hukum mereka dalam suasana yang mendekati pengalaman pengadilan sebenarnya.

  4. Konsultasi dan Tanya Jawab: Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi langsung dengan anggota Komisi Yudisial Riau. Ini menciptakan suasana akrab dan memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai peran serta fungsi lembaga tersebut.

Manfaat Kunjungan:

  1. Peningkatan Pemahaman Mahasiswa: Kunjungan ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk melihat lebih dekat bagaimana prinsip-prinsip hukum diimplementasikan dalam sistem peradilan. Hal ini dapat meningkatkan pemahaman mereka mengenai realitas praktik hukum di lapangan.

  2. Penguatan Sinergi Antara Pendidikan dan Praktik Hukum: Sinergi antara Fakultas Hukum dan Komisi Yudisial Riau diharapkan dapat menciptakan kolaborasi yang bermanfaat dalam menghasilkan lulusan yang siap berkontribusi dalam sistem peradilan.

  3. Inspirasi Karir Mahasiswa: Interaksi langsung dengan para praktisi hukum dari Komisi Yudisial Riau dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa untuk mengejar karir di bidang peradilan, penegakan hukum, atau lembaga hukum lainnya.

Kunjungan dari Komisi Yudisial Riau ke Fakultas Hukum Universitas Riau bukan hanya sekadar pertemuan formal, tetapi sebuah langkah menuju kolaborasi yang lebih erat antara dunia akademis dan lembaga hukum. Harapannya, sinergi ini dapat terus diperkuat untuk menciptakan lulusan yang tidak hanya mumpuni secara akademis tetapi juga siap menghadapi kompleksitas dunia hukum di masa depan.

04/09/23 - Sinergi Akademis: Kunjungan Akrab Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta ke Fakultas Hukum Universitas Riau

Pada Senin, 04 September 2023, suasana kehangatan dan semangat kolaborasi mewarnai Fakultas Hukum Universitas Riau (FH UNRI) ketika menerima kunjungan dari Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta (FH UBH). Rombongan yang terdiri dari 40 mahasiswa dan didampingi oleh tiga dosen pendamping, yaitu Dr. Yofiza Media, S.H.,M.H., Dr. Zarfinal, S.H.,M.H., dan Dr. © Suamperi, S.H.,M.H., diterima dengan sambutan hangat oleh Dekan FH UNRI, Dr. Maria Maya Lestari, S.H.,M.Sc.,M.H., serta jajaran pimpinan fakultas.

Dalam sambutannya, Dekan FH UNRI, Dr. Maria Maya Lestari, menyatakan bahwa FH UNRI merasa sangat senang dan terbuka untuk menjalin kerjasama lebih lanjut dengan FH UBH. Kunjungan ini dianggap sebagai langkah awal yang potensial untuk mengembangkan sinergi antara kedua fakultas.

Acara kunjungan diisi dengan pemaparan mendalam tentang kurikulum yang digunakan oleh FH UNRI, terutama terkait Program Studi Perdata. Mengingat mahasiswa dan dosen yang datang berasal dari Program Studi Perdata, pemaparan ini memberikan wawasan yang berharga tentang pendekatan akademis yang diterapkan di FH UNRI.

Dua dosen pendamping dari FH UBH juga turut menyampaikan perbandingan beberapa mata kuliah yang ada dan tidak ada di FH UNRI dan FH UBH. Diskusi yang terjadi antara mahasiswa FH UBH dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Erdiansyah, S.H.,M.H., menunjukkan tingkat antusiasme yang tinggi, dengan beberapa pertanyaan menarik yang diajukan dan dijawab dengan penuh keterbukaan.

Harapannya, kunjungan ini tidak hanya menjadi momen pertukaran informasi, tetapi juga menjadi fondasi untuk kerjasama yang lebih erat di masa depan. Dalam atmosfer yang penuh semangat, FH UNRI berharap dapat membalas kunjungan dengan membawa mahasiswa-mahasiswa mereka untuk berkunjung ke FH UBH.

Kunjungan ini tidak hanya membuka peluang untuk pertukaran ilmu pengetahuan, tetapi juga untuk memperluas wawasan mahasiswa serta menciptakan jejaring akademis yang kuat antara kedua institusi. Dengan semangat kolaborasi yang terus berkobar, diharapkan kerjasama antara FH UNRI dan FH UBH dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi dunia pendidikan dan perkembangan ilmu hukum di Indonesia.

01/09/23 - Momentum Berkumpul: Rapat Persiapan Milad Universitas Riau ke-61

Universitas Riau (UNRI) merayakan momentum bersejarah dengan memasuki tahun Milad ke-61. Sebagai langkah awal menuju perayaan yang meriah, rapat persiapan telah dilaksanakan untuk memastikan setiap detil perayaan dapat berjalan dengan lancar dan memberikan kesan yang tak terlupakan.

Kesatuan Visi dan Misi:

Rapat persiapan Milad UNRI ke-61 dihadiri oleh para pejabat, dosen, staf, dan perwakilan mahasiswa. Kesatuan visi dan misi menjadi fokus utama agar setiap bagian dari perayaan ini dapat mencerminkan semangat dan dedikasi UNRI dalam memberikan kontribusi terbaik bagi dunia pendidikan.

Agenda Perayaan:

Dalam rapat ini, dipaparkan agenda lengkap perayaan Milad UNRI ke-61. Mulai dari upacara pembukaan yang akan diisi dengan kegiatan simbolis, puncak acara yang melibatkan berbagai kompetisi, hingga closing ceremony. Setiap agenda dirancang untuk memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi seluruh civitas akademika.

Partisipasi Semua Pihak:

Rapat persiapan ini menjadi wadah bagi semua pihak terlibat untuk memberikan kontribusi dan saran. Kolaborasi antara dosen, staf, dan mahasiswa diharapkan dapat menciptakan perayaan Milad yang berkesan dan meriah. Tidak hanya sebagai sebuah perayaan, Milad UNRI ke-61 dianggap sebagai refleksi perjalanan panjang universitas dalam memberikan pendidikan berkualitas.

Inovasi dalam Pelaksanaan:

Rapat juga membahas inovasi-inovasi yang akan diterapkan dalam pelaksanaan perayaan Milad kali ini. Dengan memanfaatkan teknologi dan kreativitas, UNRI berkomitmen untuk memberikan pengalaman perayaan yang modern dan sesuai dengan tuntutan zaman.

Peran Mahasiswa dalam Perayaan:

Partisipasi mahasiswa menjadi salah satu fokus utama dalam rapat ini. Mahasiswa diundang untuk aktif terlibat dalam berbagai kegiatan seperti lomba, seminar, dan konser. Melibatkan mahasiswa diharapkan dapat menciptakan iklim kebersamaan yang erat dan meningkatkan rasa kebanggaan terhadap almamater.

Harapan dan Pesan dari Pimpinan:

Dekan Fakultas Hukum, Dr. Maria Maya Lestari, S.H.,M.Sc.,M.H., yang turut hadir dalam rapat persiapan, memberikan pesan inspiratif. Ia menyampaikan harapan agar perayaan Milad UNRI ke-61 tidak hanya menjadi ajang pesta, tetapi juga sebagai momen refleksi dan komitmen untuk terus berkembang.

Rapat persiapan Milad UNRI ke-61 menjadi titik awal yang penting untuk memastikan bahwa perayaan ini menjadi kenangan yang dikenang oleh seluruh civitas akademika. Dengan sinergi dan kerjasama yang kuat, UNRI yakin bahwa Milad ke-61 akan menciptakan momentum positif untuk terus maju dan berkontribusi dalam dunia pendidikan di Indonesia. Semua mata tertuju pada perayaan yang akan datang, dan harapan tumbuh bahwa Milad ke-61 akan menjadi perayaan yang tak terlupakan.

25/08/23 - Prosedur Penerbitan PIN Ijazah Mahasiswa
18/08/23 - Menggenggam Tradisi dan Kearifan Lokal: Wak SHURI, Maskot Berbincang dalam Milad UNRI ke-61

Peringatan HUT RI ke-78 di Universitas Riau (UNRI) menjadi momentum yang penuh makna dengan peluncuran Logo dan Maskot Milad UNRI ke-61. Tahun ini, Fakultas Hukum dipercaya sebagai Tuan Rumah pelaksanaan Milad, menjadikan momen tersebut semakin istimewa.

Wak SHURI: Identitas Baru Milad UNRI

Logo dan Maskot Milad UNRI ke-61 memunculkan identitas baru yang menggugah semangat kebersamaan dan kebanggaan terhadap universitas. Maskot yang diberi nama “Wak SHURI” memiliki makna mendalam. Wak SHURI adalah akronim dari Serindit Hukum UNRI, menciptakan representasi yang memukau bagi Fakultas Hukum sebagai tuan rumah perayaan megah ini.

Filosofi Burung Serindit: Simbol Kearifan Lokal

Wak SHURI mewujudkan dirinya sebagai burung Serindit, spesies yang memiliki karakteristik unik dan khas. Burung Serindit, dikenal sebagai fauna khas Provinsi Riau, bukan hanya sekadar simbol keberagaman hayati tetapi juga memuat filosofi yang kaya. Dalam budaya Melayu, burung Serindit memiliki makna filosofis yang kuat, merujuk pada kesejahteraan dan keharmonisan dalam tradisi adat.

Warna Hijau: Lambang Kedamaian Negeri

Dengan warna hijau yang melambangkan kedamaian negeri, Wak SHURI memberikan pesan mendalam tentang kearifan dan keharmonisan yang senantiasa melingkupi lingkungan akademis UNRI. Sebagai entitas yang merangkul kekayaan budaya dan alam, Wak SHURI membawa semangat perdamaian sebagai landasan utama dalam peringatan Milad UNRI ke-61.

Tanjak dan Songket: Kesejukan Tradisional Riau

Dalam berbusana, Wak SHURI mengenakan tanjak sebagai penutup kepala yang menggambarkan kesejukan tradisional Riau. Songket bermotif khas Melayu Riau menambahkan sentuhan kemewahan lokal, mencerminkan kearifan dan keindahan budaya yang menjadi bagian integral dari perayaan ini.

Jas Almamater Biru Muda: Representasi Mahasiswa dan Dunia Pendidikan Tinggi

Wak SHURI tampil berkelas dengan memakai jas almamater berwarna biru muda berlogo UNRI. Representasi ini menjadi simbol dunia pendidikan tinggi yang identik dengan semangat mahasiswa. Jas almamater menjadi pakaian yang mengikat Wak SHURI dengan esensi pendidikan tinggi dan semangat keilmuan.

Palu Hakim dan Timbangan: Simbol Amanah dan Keadilan

Tak lupa, Wak SHURI membawa Palu Hakim dan timbangan sebagai simbol kesucian dan keadilan. Representasi ini mencitrakan sosok yang amanah dan adil, sekaligus merepresentasikan Fakultas Hukum UNRI yang dipercayakan sebagai Tuan Rumah Milad UNRI ke-61.

Melalui Wak SHURI, Milad UNRI ke-61 bukan hanya menjadi perayaan, tetapi juga persembahan atas kearifan lokal dan semangat kebersamaan. Momen ini menjadi saksi bahwa keberagaman, keindahan alam, dan tradisi lokal dapat dihadirkan dalam nuansa keakraban dan kebanggaan terhadap universitas. Semoga, melalui Wak SHURI, Milad UNRI ke-61 menjadi peringatan yang tak terlupakan, merayakan perjalanan panjang UNRI dalam mencetak generasi penerus yang bermartabat

16/08/23 - Mengukir Nama: Universitas Riau Menapaki Perjalanan Menuju Wilayah Bebas Korupsi

Zona Integritas (ZI) tidak sekadar sebuah predikat; ini adalah perwujudan komitmen sejati untuk menciptakan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Universitas Riau (UNRI) mengambil peran utama dalam merangkul agenda reformasi birokrasi dengan mengadakan Workshop Pendampingan Pembangunan Zona Integritas yang dilangsungkan pada Selasa, 15 Agustus 2023, di Hotel Pangeran, Pekanbaru.

Acara ini dibuka secara resmi oleh sosok yang menjadi pionir semangat perubahan, Rektor Universitas Riau, Prof Dr. Sri Indarti SE MSi. Dalam sambutannya, beliau menyuarakan tekad untuk mengubah paradigma dan menciptakan lingkungan akademis yang bersih dari korupsi serta fokus pada pelayanan publik yang prima.

Pendampingan Zona Integritas: Membangun Landasan Kuat

Workshop tersebut menjadi wadah pendampingan pembangunan Zona Integritas di lingkungan UNRI. Sebagai langkah awal, para peserta diajak untuk memahami esensi ZI, peran kunci unsur pimpinan dan jajaran dalam mewujudkan ZI, dan strategi implementasi reformasi birokrasi.

Narasumber berkualitas tinggi turut memberikan wawasan dalam acara ini. Dr. Chatarina Muliana, S.H.,S.E.,M.H., Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, berbagi pengalaman dan pandangannya terkait langkah-langkah praktis menuju Zona Integritas. Sementara Dr.,Ir. Wawan Wardiana, M.T., Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), memberikan perspektif yang berharga dalam menghadapi tantangan pencegahan korupsi.

Pencanangan Zona Integritas di Seluruh Fakultas: Langkah Nyata Menuju Perubahan

Setelah Workshop Pendampingan, UNRI tak berhenti di situ. Langkah berikutnya, pada Rabu, 16 Agustus 2023, adalah Pencanangan Zona Integritas di seluruh Fakultas. Fakultas Hukum, dengan tekad bulat, menyatakan komitmennya untuk mendukung dan berpartisipasi aktif dalam mewujudkan Zona Integritas, mengukir sejarah bersama menuju WBK dan WBBM.

Komitmen Fakultas Hukum: Pilar Utama Menuju Wilayah Bebas Korupsi

Fakultas Hukum UNRI, sebagai garda terdepan di perjalanan ini, memandang pembangunan Zona Integritas sebagai panggilan tugas dan tanggung jawab. Dalam komitmennya, Fakultas Hukum berjanji untuk menjadi pilar utama dalam mewujudkan lingkungan akademis yang bebas dari korupsi dan melayani dengan integritas.

Perjalanan UNRI menuju Zona Integritas adalah bukti nyata bahwa perubahan dapat dimulai dari lingkungan pendidikan. Semangat reformasi birokrasi dan pencegahan korupsi kini mengalir melalui setiap sudut kampus, membawa harapan baru akan masa depan yang bersih, adil, dan penuh integritas. Universitas Riau tidak hanya berusaha menjadi lembaga pendidikan unggul tetapi juga menjadi garda terdepan dalam membangun bangsa yang bebas dari korupsi.

16/08/23 - Peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan Dalam Menggunakan Aplikasi Tracer Study Demi Mendukung Capaian IKU 1 Fakultas Hukum Universitas Riau

Rabu, 16 Agustus 2023, Fakultas Hukum Universitas Riau (FH UNRI) menyelenggarakan acara yang memfokuskan pada “Peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan dalam Menggunakan Aplikasi Tracer Study demi Mendukung Capaian IKU1 FH UNRI”. Acara ini tidak hanya membuka wawasan tetapi juga memberikan strategi konkrit untuk menggerakkan dan mengoptimalkan partisipasi alumni.

Acara dimulai dengan sambutan hangat dari Koordinator Tata Usaha, Bapak Tutut Usaheni, S.Kom.,M.CIO. Sambutan ini membuka tirai untuk paparan singkat oleh Kepala Pusat Tracer Study Universitas Riau, Dr. Arifudin, S.P., M.P., yang menyoroti pentingnya peran alumni dalam memperkuat ikatan dengan almamater.

Teknis dan Strategi Aplikasi Tracer Study: Dibagikan oleh Ahlinya

Materi yang membahas penggunaan Aplikasi Tracer Study secara detail disampaikan oleh Bapak Agil Prakoso Syafni, Surveyor Pusat Tracer Study UNRI. Dengan penuh antusias, Pak Agil tidak hanya menyampaikan teknis penggunaan aplikasi, tetapi juga memberikan tips dan trik yang dapat meningkatkan minat alumni untuk berpartisipasi aktif.

Salah satu strategi yang disorot oleh Pak Agil adalah perluasan jaringan kerjasama. Ketika selesai ujian skripsi, peran dosen pembimbing dan dosen penguji sangat penting dalam mengingatkan dan mendorong alumni untuk mengisi aplikasi Tracer Study. Selain itu, pelibatan Ketua Angkatan untuk menghubungi alumni sesuai angkatannya dan pendekatan modern melalui grup WhatsApp atau pesan broadcast juga menjadi strategi efektif.

Sinergi untuk Kesuksesan: Membentuk Kemitraan

Pentingnya sinergi dalam mencapai tujuan bersama ditekankan dalam acara ini. Melibatkan semua pihak, dari tenaga kependidikan hingga dosen, untuk menggaungkan Tracer Study di kalangan alumni menjadi kunci keberhasilan. Kemitraan ini bukan hanya menciptakan hubungan yang erat di antara stakeholder, tetapi juga membantu mengumpulkan lebih banyak data yang diperlukan untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) FH UNRI.

Harapan dan Misi: Capaian IKU1 FH UNRI Meningkat

Dengan menggelar kegiatan ini, harapannya adalah semua peserta dapat memahami dan mengaplikasikan ilmu yang telah disampaikan. Penghimpunan data Tracer Study FH UNRI diharapkan semakin meluas, membuka pintu untuk capaian IKU1 FH UNRI yang lebih tinggi. Setiap langkah kecil yang diambil oleh alumni di dalam Aplikasi Tracer Study menjadi kontribusi berarti untuk membangun masa depan pendidikan yang lebih baik dan relevan. Semangat perubahan dan kolaborasi di FH UNRI menjadi semakin kuat, membawa harapan akan masa depan pendidikan yang lebih terarah dan memberdayakan alumni sebagai bagian integral dari perjalanan panjang universitas.

24/07/23 - Penjajakan Kerjasama Fakultas Hukum Universitas Riau dengan Babinkum TNI

Pada Jumat, 21 Juli 2023, Fakultas Hukum Universitas Riau (FH UNRI) melaksanakan momen silahturahmi yang begitu berkesan dengan Kepala Badan Pembinaan Hukum TNI (Kababinkum TNI). Acara yang berlangsung di Ruang Rapat Babinkum TNI, Gedung B3 Lantai 4, Cilangkap, Jakarta Timur Mabes TNI ini menjadi bukti nyata kerjasama yang hangat dan berpotensi memberikan dampak positif besar.

Dalam silahturahmi ini, FH UNRI diwakili oleh sejumlah tokoh penting, antara lain, Dr. Maria Maya Lestari, S.H., M.Sc., M.H., selaku Dekan FH UNRI; Erdiansyah, S.H., M.H., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Alumni; Dr. Hengki Firmanda S. SH., LL.M, Msi., Ketua Jurusan FH UNRI; serta Ricki Musliadi, M.H., salah satu dosen FH UNRI.

Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Babinkum TNI, yang menambah suasana formalitas dan keramahan. Laksamana Muda TNI Kresno Buntoro, S.H., LLM., Ph.D., selaku Kababinkum TNI, dengan tangan terbuka menyambut delegasi dari FH UNRI. Beliau tak hanya menyampaikan selamat datang, tetapi juga mengungkapkan kegembiraan atas kehadiran tim audensi dari FH UNRI.

Pertukaran Kenang-kenangan: Plakat dan Buku Karangan Kepala Babinkum TNI

Sebagai tanda penghargaan dan untuk meresapi momen bersejarah ini, Kepala Babinkum TNI memberikan kenang-kenangan berupa plakat dan buku karangan beliau. Hal ini tidak hanya menjadi simbol fisik, tetapi juga ungkapan keramahan dan keinginan untuk memperkuat hubungan kedua belah pihak.

Penjajakan Kerjasama: Langkah Strategis Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Saat yang penuh makna itu juga dimanfaatkan untuk penjajakan kerjasama antara FH UNRI dan Babinkum TNI. Tujuan utama dari kerjasama ini adalah meningkatkan kolaborasi akademik dan kajian hukum antara kedua entitas. Dalam diskusi yang serius namun penuh semangat, pihak-pihak terlibat sepakat untuk mengembangkan program-program pengajaran dan penelitian bersama yang saling menguntungkan.

Dengan kerjasama ini, diharapkan kualitas pendidikan di kedua belah pihak dapat terus meningkat. Momen silahturahmi ini bukan hanya menjadi pencapaian hari ini, tetapi fondasi yang kokoh untuk kerjasama yang berkelanjutan. Dalam membangun masa depan hukum dan penegakan hukum di Indonesia, kolaborasi seperti ini menjadi salah satu tonggak penting dalam memberikan kontribusi positif dan berkelanjutan

24/07/23 - Fakultas Hukum Universitas Riau Jalin Kerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Indonesia

Dalam sebuah tonggak bersejarah, Fakultas Hukum Universitas Riau (FH UR) dan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) bersatu dalam kerjasama yang bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Nota Kesepahaman (MoU) yang mengikat kedua lembaga ini ditandatangani pada hari Kamis, 20 Juli 2023, di Kampus Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Dekan FH UR, Dr. Maria Maya Lestari, S.H., M.Sc., M.H., dan Dekan FH UI, Dr. Parulian Paidi Aritonang, S.H., LL.M., MPP. Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan penting dari FH UR, termasuk Erdiansya, S.H., M.H. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Alumni, Dr. Hengki Firmanda S. SH., LL.M, Msi. Ketua Jurusan Fakultas Hukum, serta Ricki Musliadi, M.H., seorang dosen di FH UR.

Tujuan dan Fokus Kerjasama

Kerjasama ini disusun dengan tujuan utama untuk meningkatkan kolaborasi akademik dan penelitian antara dua Fakultas Hukum ternama di Indonesia. Langkah strategis ini juga bertujuan untuk mendorong pertukaran mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan antara FH UR dan FH UI. Dengan mengembangkan program-program pengajaran dan penelitian bersama, kedua fakultas ini berharap dapat saling menguntungkan, membawa dampak positif bagi kualitas pendidikan di masing-masing lembaga.

Dekan FH UR, Dr. Maria Maya Lestari, menyatakan bahwa kerjasama ini bukan hanya langkah strategis untuk meningkatkan reputasi dan kinerja FH UR di tingkat nasional dan internasional, tetapi juga sebuah upaya untuk menghadapi tantangan dan peluang di era globalisasi. Ia berharap bahwa melalui kerjasama ini, kedua lembaga dapat saling memperkaya dan memperluas wawasan ilmu hukum.

Dekan FH UI, Dr. Parulian Paidi Aritonang, mengapresiasi kerjasama ini dan menyatakan FH UR sebagai mitra penting bagi FH UI. Ia menekankan pentingnya kerjasama antara perguruan tinggi hukum di Indonesia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia hukum yang profesional, kompeten, dan berintegritas.

Harapan dan Dampak Positif

Kerjasama ini diharapkan dapat berlangsung secara berkelanjutan dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi pengembangan ilmu hukum dan penegakan hukum di Indonesia. Sebagai jembatan ilmu hukum, FH UR dan FH UI bersama-sama membangun fondasi untuk mencetak generasi penerus yang tidak hanya memiliki pengetahuan mendalam tetapi juga integritas yang tinggi, siap menghadapi perubahan zaman. Semoga kerjasama ini menjadi tonggak penting dalam memajukan dunia pendidikan hukum di Indonesia

21/07/23 - Program MSIB - ISS MBKM Universitas Riau
14/07/23 - Beasiswa Dana Hibah Rajawali Tahun 2023 Pemprov Sumatera Barat

Mahasiswa Universitas Riau yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat, inilah kesempatan emas untuk meraih Beasiswa Rajawali tahun 2023! Kabar gembira ini datang dari surat resmi Gubernur Sumatera Barat nomor 900/2910/Disdik-2023, tertanggal 12 Mei 2023. Beasiswa ini merupakan upaya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pendidikan untuk mendukung Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri tingkat Strata 1, Strata 2, dan Strata 3 yang memiliki prestasi akademik gemilang.

Petunjuk Teknis dan Persyaratan Penting

Berikut adalah petunjuk teknis dan persyaratan penting yang harus diperhatikan oleh calon penerima beasiswa:

Persyaratan Umum:

  1. Mahasiswa asal Provinsi Sumatera Barat yang aktif dan terdaftar di Perguruan Tinggi Negeri.
  2. Fotokopi KTP atau bukti asal Sumatera Barat.
  3. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dari Kepala Satuan Pendidikan yang menyatakan hak penerima beasiswa (format terlampir).
  4. Surat keterangan tidak pernah menerima beasiswa dari pihak lain dan diketahui oleh Kepala Satuan Pendidikan (format terlampir).
  5. Surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan oleh pihak berwenang.
  6. Fotokopi rekening Bank Nagari yang masih aktif atas nama pribadi yang diusulkan.
  7. Fotokopi akreditasi Perguruan Tinggi asal mahasiswa.

Persyaratan Khusus untuk Transkrip Nilai:

  • Strata 1: IPK minimum 3.00 (jurusan sains dan teknologi), 3.40 (jurusan sosial).
  • Strata 2: IPK minimum 3.00 (jurusan sains dan teknologi), 3.50 (jurusan sosial).
  • Strata 3: IPK minimum 3.60.

Prosedur Pendaftaran:

  1. Persiapkan semua dokumen dan persyaratan.
  2. Urutkan dan jilid plastik dengan cover warna hijau.
  3. Scan semua persyaratan dan satukan dalam 1 file PDF dengan format nama file NIM_nama.pdf.
  4. Unggah file pada alamat: http://my.unri.ac.id/FormIsianDataPengusulBeasiswaPrestasiPemprovSumbar2023.

Waktu Pendaftaran: Berkas paling lambat harus diantar ke Fakultas pada tanggal 21 Juli 2023.

Semua Mahasiswa Berpotensi, Segera Daftarkan Diri Anda!

Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk mengangkat prestasi akademik Anda dan meringankan beban biaya pendidikan. Beasiswa Rajawali tahun 2023 memberikan peluang bagi mahasiswa berprestasi asal Sumatera Barat di Universitas Riau. Ayo, segera persiapkan diri dan jadikan beasiswa ini sebagai langkah awal menuju masa depan gemilang!

13/07/23 - Kunjungan Hakim Pengadilan Tinggi Riau ke Fakultas Hukum Universitas Riau

Dalam sebuah upaya untuk mempererat hubungan antara lembaga peradilan dan pendidikan tinggi, Fakultas Hukum Universitas Riau (FH UNRI) dengan bangga menerima kunjungan dari para hakim Pengadilan Tinggi Riau. Acara yang berlangsung pada hari [tanggal], ini menjadi momentum penting dalam membangun sinergi antara praktisi hukum di lapangan dengan mahasiswa dan dosen di lingkungan FH UNRI.

Tujuan Kunjungan: Peningkatan Interaksi Antara Dunia Akademis dan Lapangan

Kunjungan ini diinisiasi dengan tujuan utama untuk memperkaya pemahaman mahasiswa terhadap realitas lapangan hukum. Para hakim Pengadilan Tinggi Riau tidak hanya membawa pengalaman praktis dalam menjalankan fungsi peradilan, tetapi juga berbagi wawasan tentang perubahan dan tantangan dalam sistem hukum yang sedang berkembang.

Kegiatan Selama Kunjungan: Diskusi dan Interaksi Langsung

Selama kunjungan, para hakim terlibat dalam sesi diskusi terbuka dengan mahasiswa dan dosen. Topik-topik menarik seperti perkembangan hukum terkini, tantangan dalam penegakan hukum, dan peran mahasiswa hukum dalam masyarakat menjadi fokus utama pembicaraan.

Tidak hanya berhenti pada diskusi, para hakim juga memberikan wawasan praktis melalui studi kasus dan simulasi peradilan. Hal ini memberikan mahasiswa kesempatan unik untuk merasakan atmosfer persidangan dan memahami proses pengambilan keputusan hukum dari sudut pandang seorang hakim.

Manfaat untuk Mahasiswa dan Fakultas:

  1. Pemahaman yang Mendalam: Kunjungan ini memberikan mahasiswa wawasan langsung terhadap sistem peradilan dan penerapannya dalam masyarakat.
  2. Pengenalan Dunia Kerja: Mahasiswa dapat memahami lebih baik bagaimana teori yang dipelajari di kelas diterapkan di dunia nyata.
  3. Jaringan Profesional: Interaksi dengan para hakim memberikan peluang bagi mahasiswa untuk membangun jaringan profesional yang berharga.
  4. Inspirasi dan Motivasi: Kehadiran hakim-hakim berpengalaman dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa untuk mengejar karir hukum mereka.

Harapan ke Depan:

Kunjungan ini diharapkan menjadi awal dari kolaborasi yang lebih erat antara FH UNRI dan Pengadilan Tinggi Riau. Melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman, diharapkan sinergi yang dibangun dapat menciptakan lulusan hukum yang tidak hanya memiliki pemahaman teoritis tetapi juga keterampilan praktis yang kuat.

Dengan semangat saling mendukung, FH UNRI dan Pengadilan Tinggi Riau meyakini bahwa keterlibatan aktif praktisi hukum dalam dunia akademis akan membawa dampak positif bagi perkembangan hukum dan penegakan keadilan di wilayah Riau

13/07/23 - Perpanjangan Registrasi Beasiswa Cendikia BAZNAS

Beasiswa Cendikia BAZNAS (BCB) merupakan salah satu program beasiswa pendidikan tinggi yang diselenggarakan dengan kerja sama kampus dalam negeri. Program ini ditujukan untuk mahasiswa tingkat Diploma-IV (D4) dan Sarjana (S1) yang sedang menempuh studi di kampus mitra Beasiswa BAZNAS. Berikut adalah informasi lengkap mengenai program beasiswa ini:

Manfaat Beasiswa:

  1. Subsidi SPP/UKT: Mendapatkan subsidi SPP/UKT maksimal sebesar Rp3.000.000.
  2. Pendampingan Bersama Mentor: Para penerima beasiswa akan mendapatkan pendampingan bersama mentor untuk membimbing dan mengembangkan potensi akademis mereka.

Persyaratan Umum:

  1. Mahasiswa S1/D4 Semester 4: Program reguler di kampus mitra BAZNAS.
  2. IPK Minimum 3,00: Dari skala 4,00.
  3. Tidak Menerima Beasiswa Serupa: Tidak sedang menerima beasiswa serupa dari instansi lain.
  4. Dokumen Pendaftaran: Lengkap dengan melampirkan pas foto, KTP dan Kartu Keluarga, surat rekomendasi, surat pernyataan, esai, dan dokumen pendukung kriteria.

Kriteria Penerima Beasiswa:

  1. Jurusan Prioritas: Komputer, profesi (kedokteran, psikologi, keperawatan, farmasi), teknik, akuntansi, statistika, manajemen zakat dan wakaf, komunikasi, ekonomi, dan pendidikan.
  2. Prestasi: Memiliki prestasi nasional dan/atau internasional.
  3. Wirausaha: Memiliki usaha pribadi yang sudah berjalan minimal 6 bulan.
  4. Aktivis: Menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan atau organisasi kepemudaan/masyarakat.

Dokumen Pendukung:

  1. Pas foto (format PNG atau JPEG).
  2. KTP dan Kartu Keluarga.
  3. Surat rekomendasi dari tokoh masyarakat, pengurus masjid, atau BAZNAS Kabupaten/Kota.
  4. Surat pernyataan.
  5. Esai dengan tema “Kontribusiku Menjadi Generasi Zakat.”
  6. Dokumen pendukung kriteria.

Timeline Seleksi Beasiswa:

  • Pendaftaran: 03-20 Juli 2023
  • Seleksi Administrasi: 20-22 Juli 2023
  • Seleksi Wawancara: 24-31 Juli 2023
  • Masa Sanggah: 01-30 Agustus 2023
  • Pengumuman Akhir: 31 Agustus 2023

Link Penting:

Bagi para mahasiswa berprestasi yang memenuhi syarat, jangan lewatkan kesempatan ini untuk mendapatkan dukungan pendidikan tinggi melalui Beasiswa Cendikia BAZNAS. Segera daftarkan diri dan raih peluang untuk mengembangkan potensi akademis dan kontribusi positif di masyarakat.

07/07/23 - Registrasi Ulang Penerima Beasiswa dari Pemerintah

Mahasiswa Universitas Riau yang telah menerima beasiswa dari Pemerintah Provinsi Riau diharapkan untuk segera melakukan registrasi ulang sebagai bagian dari tahapan penting dalam pengelolaan beasiswa. Berikut informasi lebih lanjut mengenai prosedur registrasi ulang:

Tahapan Registrasi Ulang:

  1. Waktu Registrasi Ulang: Paling lambat tanggal 25 Agustus 2023.
  2. Proses Registrasi: Mahasiswa diharapkan untuk melakukan registrasi ulang melalui tautan berikut: https://my.unri.ac.id/FormIsianDataRegistrasiUlangPenerimaBeasiswaPemprovRiau2023UNRI

Persyaratan Registrasi Ulang:

  • Untuk melihat persyaratan lengkap, silakan kunjungi tautan ini.

Registrasi ulang merupakan langkah penting untuk memastikan kelancaran penerimaan dan pengelolaan beasiswa. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Bagi mahasiswa yang memerlukan bantuan atau memiliki pertanyaan terkait registrasi ulang, disarankan untuk menghubungi pihak terkait di universitas untuk mendapatkan panduan lebih lanjut.

Jangan lewatkan batas waktu registrasi ulang dan pastikan semua dokumen yang diperlukan telah terisi dengan benar. Semoga proses registrasi ulang berjalan lancar dan mahasiswa penerima beasiswa dapat terus fokus pada perjalanan akademis mereka

07/07/23 - Beasiswa Provinsi Riau Tahun 2023

Kabar baik datang bagi mahasiswa Universitas Riau yang berdomisili di Provinsi Riau! Pemerintah Provinsi Riau memberikan kesempatan emas melalui berbagai program beasiswa untuk mendukung pendidikan tinggi. Berikut rincian program beasiswa yang tersedia:

  1. **Beasiswa Bidikmisi Bhakti Negeri Program Sarjana (S1/D4) Pemprov Riau Tahun 2023
  2. Beasiswa Prestasi Dalam Provinsi Riau Program Sarjana (S1/D4) Pemprov Riau Tahun 2023
  3. Beasiswa Prestasi Dalam Provinsi Riau Jalur Tahfiz Program Diploma D3 dan Program Sarjana (S1/D4) Pemprov Riau Tahun 2023
  4. Beasiswa Prestasi Dalam Provinsi Riau Program Magister (S2) dan Program Doktoral (S3) Pemprov Riau Tahun 2023**

Prosedur Pendaftaran:

Persyaratan Pendaftaran:

  • Untuk melihat persyaratan lengkap, silakan kunjungi tautan ini.

Dengan beragam program beasiswa yang ditawarkan, mahasiswa diharapkan dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan kriteria yang dimiliki. Pastikan untuk melengkapi semua dokumen yang diperlukan agar pendaftaran dapat diproses dengan lancar.

Jangan lewatkan kesempatan ini, dan raih beasiswa untuk mendukung perjalanan akademis Anda. Semoga program beasiswa ini dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pendidikan tinggi di Universitas Riau.

07/07/23 - Wirausaha Merdeka Universitas Riau Tahun 2023
22/06/23 - Fakultas Hukum Universitas Riau dan Babinkum TNI Jalin Kerjasama Terkait Revisi UU TNI

Pekanbaru, 19 Juni 2019 – Fakultas Hukum Universitas Riau (FH UR) dan Badan Pembinaan Hukum Tentara Nasional Indonesia (BABINKUM TNI) menjalin kerjasama melalui pertemuan di Rektorat Universitas Riau. Pertemuan ini dihadiri oleh pimpinan FH UR dan perwakilan BABINKUM TNI guna membahas rancangan kerjasama terkait perubahan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (UU TNI).

Dalam pertemuan tersebut, hadir Dekan FH UR, Dr. Maria Maya Lestari, S.H., M.Si., M.H., Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Evi Deliana HZ, S.H., LL.M., Ketua Jurusan Fakultas Hukum Universitas Riau, Dr. Hengki Firmanda, S.H., LL.M., M.Si., bersama Inspektur BABINKUM TNI, Brigjen TNI Sudarma Setiawan, S.H., M.H., serta sejumlah dosen dan staf FH UR.

Brigjen TNI Sudarma Setiawan, S.H., M.H., menjelaskan bahwa rancangan kerjasama ini bertujuan untuk memberikan kontribusi akademik dan ilmiah dalam proses revisi UU TNI yang saat itu sedang dibahas oleh DPR RI dan Pemerintah. Dekan FH UR, Dr. Maria Maya Lestari, S.H., M.Si., M.H., menyambut baik rancangan kerjasama ini dan mengapresiasi peran serta BABINKUM TNI dalam mendukung proses revisi UU TNI.

Kerjasama antara FH UR dan BABINKUM TNI diharapkan dapat memberikan masukan yang bernilai dalam perubahan UU TNI demi mengakomodasi perkembangan zaman dan kebutuhan nasional. Langkah ini juga mencerminkan komitmen FH UR dalam berkontribusi pada pembentukan regulasi yang mendasar dalam sistem pertahanan keamanan nasional.

21/06/23 - Kunjungan Rektor UNJANI ke Fakultas Hukum Universitas RIau untuk Penjajakan Kerjasama

Pekanbaru, 20 Juni 2023 – Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani), Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D., bersama rombongan pimpinan Unjani, melakukan kunjungan ke Fakultas Hukum Universitas Riau (UNRI) pada hari Selasa, 20 Juni 2023. Tujuan kunjungan ini adalah untuk menjajaki kerjasama antara kedua fakultas hukum dalam bidang akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam sambutannya, Rektor Unjani menyampaikan apresiasi terhadap kinerja dan prestasi Fakultas Hukum UNRI yang telah terakreditasi A oleh BAN-PT dan memiliki program studi magister ilmu hukum. Rektor Unjani juga membagikan visi Unjani untuk menjadi universitas unggul, bertaraf internasional, berjiwa kebangsaan, dan berwawasan lingkungan. Dengan itu, Unjani berkeinginan untuk menjalin kerjasama dengan Fakultas Hukum UNRI, yang telah membangun reputasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dekan Fakultas Hukum UNRI, Dr. Maria Maria Maya Lestari, S.H., M.Si., M.H., menyambut baik usulan kerjasama dari Rektor Unjani. Beliau menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan berbagai bentuk kerjasama, seperti seminar, workshop, dan pertukaran mahasiswa merdeka belajar.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, kedua belah pihak berkomitmen untuk menjalankan kerjasama ini. Kunjungan Rektor Unjani ke Fakultas Hukum UNRI diakhiri dengan foto bersama, dan keduanya berharap agar kerja sama ini dapat berlangsung dengan baik dan memberikan manfaat positif bagi kedua institusi.

19/06/23 - Kunjungan Fakultas Hukum Universitas Riau ke Fakulta Perikanan Universitas Riau

Senin, 19 Juni 2023, Fakultas Hukum Universitas Riau, yang ditunjuk sebagai panitia pelaksana Milad Universitas Riau ke-61, melakukan kunjungan ke Fakultas Perikanan untuk melakukan koordinasi dan konsultasi dalam persiapan pelaksanaan milad yang akan digelar pada bulan Oktober 2023.

Dalam upaya memastikan kelancaran dan kesuksesan acara tersebut, Dekan Fakultas Hukum Universitas Riau, Dr. Maria Maya Lestari, S.H., M.Sc., M.H., bersama tim panitia Milad, yaitu Bapak Muhammad Zulhidayat, S.H., M.H., dan Bapak Ricki Musliadi, S.H., M.H., bertemu dengan Dekan Fakultas Perikanan, Prof. Dr. Ir. Rifardi, M.Sc.

Dalam pertemuan tersebut, pihak Fakultas Hukum memaparkan berbagai rencana dan persiapan yang telah dilakukan, serta mendiskusikan kerjasama antarfakultas dalam menyelenggarakan Milad Universitas Riau ke-61. Dekan Fakultas Perikanan sangat antusias menyambut kunjungan dan menyatakan dukungannya untuk kelancaran acara tersebut.

Kunjungan ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antar-fakultas dan meningkatkan kolaborasi dalam penyelenggaraan Milad Universitas Riau. Dengan kerjasama yang baik, diharapkan acara milad dapat berjalan sukses dan menjadi momentum berharga dalam mempererat ikatan kebersamaan di lingkungan Universitas Riau

13/06/23 - Fakultas Hukum Universitas Riau Mengundang Mahasiswa Angkatan 2017, 2018 dan 2019

Fakultas Hukum Universitas Riau menggelar sesi pengarahan khusus bagi mahasiswa angkatan 2017, 2018, dan 2019 dengan tujuan mendorong tercapainya kelulusan tepat waktu serta keberhasilan studi. Acara ini diadakan di Kampus FH UNRI dengan penuh semangat dan antusiasme.

Pada hari Senin, 12 Juni 2023, pukul 13.00 WIB, mahasiswa angkatan 2019 diundang untuk menghadiri sesi pengarahan. Sementara itu, bagi mahasiswa angkatan 2017 dan 2018, acara serupa diselenggarakan pada hari Selasa, 13 Juni 2023, pukul 09.00 WIB.

Turut hadir dalam acara ini adalah Dekan (PAW) FH UNRI, Dr. Maria Maya Lestari, S.H., M.Sc., M.H., Wakil Dekan I, Dr. Evi Deliana HZ., S.H. LL.M, dan Ketua Jurusan, Dr. Hengki Firmanda, S.H., M.H. Setiap pihak memberikan arahan yang bernas kepada mahasiswa dengan fokus pada pengambilan seluruh matakuliah yang disajikan dalam kurikulum.

Dekan (PAW) FH UNRI, Dr. Maria Maya Lestari, S.H., M.Sc., M.H., menyampaikan motivasi dan dorongan agar mahasiswa angkatan 2019 dapat menyelesaikan studi dengan tepat waktu. Sementara itu, mahasiswa angkatan 2017 dan 2018 diingatkan untuk menjaga konsistensi dan menyelesaikan studi tanpa mengalami Drop Out yang dapat berdampak negatif pada nilai akreditasi Fakultas.

Dalam sesi pengarahan ini, Fakultas Hukum UNRI tidak hanya memberikan dorongan semangat, tetapi juga memberikan arahan konkret untuk membantu mahasiswa mencapai prestasi akademik terbaiknya. Lebih lanjut, Dekan juga mengumumkan rencana pengundangan mahasiswa angkatan 2020 untuk menerima panduan agar dapat menyelesaikan studi dalam waktu empat tahun.

Dengan semangat yang menyala-nyala, Fakultas Hukum Universitas Riau berkomitmen untuk mendukung perjalanan akademis mahasiswanya dan mengarahkan mereka menuju kelulusan yang sukses.

21/05/23 - Sosialisasi Satria Data 2023

Statistika Ria dan Festival Sains Data, yang dikenal sebagai Satria Data, hadir sebagai rangkaian kegiatan besar yang menawarkan seminar, workshop, credit earning, dan lomba berskala nasional. Acara ini dirancang untuk memberikan dorongan kepada mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi mereka di bidang Statistika dan Sains Data.

Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) menjadi penyelenggara utama, dan untuk tahun ini, Universitas Brawijaya menjadi tuan rumah yang memeriahkan acara ini.

Jangan salah paham! Meskipun bernama Statistika Ria, peserta tidak terbatas pada mahasiswa Statistika saja. Lomba ini terbuka untuk semua mahasiswa aktif di tingkat D3/D4/S1 di seluruh Indonesia, termasuk mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu seperti MIPA, ilmu komputer, ekonomi, teknik, pendidikan, bahkan bidang sosial.

Perlombaan terdiri dari beberapa kategori menarik, yaitu Infografis, Essay, Analisis Data, dan Olimpiade Statistika, yang memberikan peluang kepada mahasiswa untuk menunjukkan kreativitas dan keahlian mereka di dunia Statistika.

Agenda penting yang perlu dicatat adalah Sosialisasi Satria Data 2023 Universitas Riau, yang akan berlangsung pada:

  • Hari Senin, 22 Mei 2023
  • Pukul 13.00 WIB hingga selesai
  • Melalui Zoom Meeting

Untuk akses video conference, kunjungi link http://my.unri.ac.id/SosialisasiSatriaDataUNRI2023. Tim Satria Data Universitas Riau akan hadir untuk memberikan informasi lebih lanjut dan menjawab pertanyaan Anda.

Jangan lewatkan kesempatan ini! Jadilah bagian dari Delegasi Satria Data dari Universitas Riau dan tunjukkan bakat terbaikmu. Sampai jumpa pada hari Senin!

Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di instagram.com/kemahasiswaanunri.

08/05/23 - Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Dekan Fakultas Hukum Universitas Riau

Pekanbaru – Momentum penting terjadi di lingkungan Universitas Riau dengan dilaksanakannya pelantikan dan serah terima jabatan Dekan Fakultas Hukum. Dr. Mexsasai Indra, S.H., M.H., yang sebelumnya menjabat, memberikan tongkat estafet kepemimpinan kepada Dr. Maria Maya Lestari, S.H., M.Sc., M.H., pada Senin, 8 Mei 2023. Acara berlangsung megah di Aula Lantai 4 Rektorat Universitas Riau.

Pelantikan ini menandai awal dari kepemimpinan baru yang diharapkan akan membawa inovasi dan kemajuan di Fakultas Hukum. Dr. Maria Maya Lestari, S.H., M.Sc., M.H., sebagai Dekan yang baru, diamanahi untuk memimpin Fakultas Hukum Universitas Riau menuju prestasi yang lebih gemilang.

Dalam sambutannya, Dr. Maria Maya Lestari mengungkapkan rasa syukurnya atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Ia berkomitmen untuk menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi, mengimplementasikan ide-ide segar, dan meningkatkan kualitas pendidikan di Fakultas Hukum.

Dr. Mexsasai Indra, yang telah menyelesaikan masa jabatannya, memberikan ucapan terima kasih kepada seluruh staf, mahasiswa, dan pihak terkait atas kerjasama yang telah terjalin selama kepemimpinannya. Ia berharap Fakultas Hukum terus berkembang di bawah kepemimpinan baru.

Acara pelantikan dan serah terima jabatan ini tidak hanya menjadi momen formal, tetapi juga sebagai awal dari babak baru perjalanan Fakultas Hukum Universitas Riau. Harapan besar ditujukan kepada Dr. Maria Maya Lestari untuk terus menginspirasi dan memimpin fakultas menuju keberhasilan yang lebih besar.

16/02/23 - Sosialisasi Kekayaan Intelektual

Pekanbaru – Ruang Virtual Conference Fakultas Hukum Universitas Riau menjadi saksi pelaksanaan acara sosialisasi yang sangat penting. Plt. Dekan Fakultas Hukum, Dr. Mexsasai Indra, S.M., M.H., bersama Wakil Dekan 2, Dr. Dessy Artina, S.H., S.H., dan Bapak Fajar BS Lase, Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM RI, turut serta dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran mengenai kekayaan intelektual di kalangan mahasiswa dan staf Fakultas Hukum. Kehadiran Bapak Fajar BS Lase sebagai Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM RI memberikan nilai tambah dalam memahami peran dan urgensi kekayaan intelektual di Indonesia.

Dalam sambutannya, Plt. Dekan Fakultas Hukum, Dr. Mexsasai Indra, menekankan pentingnya pemahaman mengenai hak kekayaan intelektual dalam mendukung pembangunan di berbagai sektor. Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk menggali lebih dalam pengetahuan mengenai hak kekayaan intelektual di lingkungan akademis.

Wakil Dekan 2, Dr. Dessy Artina, menambahkan bahwa kehadiran Bapak Fajar BS Lase sebagai narasumber sangat berharga. Beliau dapat memberikan wawasan dan pandangan yang luas mengenai perkembangan kekayaan intelektual di Indonesia.

Bapak Fajar BS Lase menyampaikan informasi terkini mengenai kebijakan dan langkah-langkah strategis yang diambil oleh pemerintah dalam mendukung perlindungan kekayaan intelektual. Dialog interaktif antara narasumber dan peserta turut memperkaya pemahaman mengenai isu-isu terkini di bidang ini.

Acara sosialisasi kekayaan intelektual di Fakultas Hukum Universitas Riau diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menciptakan pemahaman yang lebih baik di kalangan mahasiswa dan staf, sekaligus meningkatkan peran Fakultas Hukum dalam mendukung aspek kekayaan intelektual di Indonesia.