Fakultas Hukum UNRI Meraih Juara 2 Lomba PCTA 2018 Tinggkat Provinsi Riau

Prestasi membanggakan kembali digoreskan oleh mahasiswa dan mahasiswa FH UNRI. Kali ini dalam Lomba Parade Cinta Tanah Air 2018 Tingkat Regional Provinsi Riau. Lomba yang sudah menjadi agenda rutin oleh KEMENHAN menggunakan sistem format baru. Jika tahun tahun sebelum nya menggunakan format lomba seperti cerdas cermat kali ini coba menggunakan inovasi baru yaitu format lomba dengan membuat essay dan mempresentasikannya.

Kali ini mengambil tema mengenai “Mewujudkan generasi muda anti narkoba dan cinta tanah air.” Dari tema ini mengajak seluruh peserta lomba untuk berfikir terbuka dan mengeluarkan inovasi dan ide ide cemerlang untuk memerangi bahaya narkoba dan tetap cinta terhdap tanah air Indonesia. lomba PCTA terbuka bagi mahasiwa di universitas di kota Pekanbaru dan siswa di Provinsi Riau.

Untuk kegiatan lomba dimulai dengan seleksi essay panitia lomba PCTA. Dari FH UNRI melakukan persiapan dengan melakukan pembinaan PCTA. Kegiatan pertama adalah seleksi ditinggkat Fakultas untuk menemukan delegasi terbaik untuk dikirim rekomensasi terbaik Fakultas.

Seleksi diadakan tanggal 6-7 Juni 2018 dilaksanakan di Fakultas Hukum UNRI. Seleksi diikuti tim tim dari komunitas di lingkungan Fakultas Hukum UNRI, seperti debate club,KPJ, D’lawfa, dll.

Seleksi sendiriĀ  langsung dinilai oleh salah satu Dosen Fakultas Hukum UNRI, bapak Zulwisman, SH.MH. Setiap tim sangat bersemangat untuk memptrsentasikan tulisannya dan mencoba untuk mengenalkan inovasi yang mereka tawarkan.

Puasa pada kala itu tidak sama sekali menghilangkan semangat dari setiap tim yang tampil pada saat itu. Setelah dilakukan seleksi selama dua hari terpilihlah Jovial Cristian Lase (angkatan 2017 ) dan Fitri Sinambela (angakatan 2017) yang mendapat nilai tertinggi.

Semula hanya tim dari Jovial Dan Fitri saja yang berhak lolos ketahap presentasi, setelah melihat jumlah peserta lomba yang kurang. Pihak panitia PCTA kembali mengirim surat undanganĀ  permohon ke setiap Fakultas di seluruh Universitas se-Pekanbaru sehingga FH UNRI mengambil kebijakan dengan mengirim kembali tim tambahan.

Sehingga dengan adanya tim tambahan ini membuka peluang untuk FH UNRI mampu juara nantinya di PCTA kali ini. Tiba saat pengumuman tim yang lolos dan surat pemberitahuan sampai ke meja WD III FH UNRI dan memberitakan bahwa ada 9 tim FH yang lolos ke tahap presentasi.

Tiba hari dimana hari lomba yaitu presentasi setiap essay dilaksanakan tepat ditanggal 25 juli 2018. Lomba sendiri dilaksanakan diaula serbaguna kartor Gubernur Provinsi Riau. Ada 30 tim yang akan mempresentasikan tulisannya dan berpacu menjadi juara. Universitas yang ikut adalah universitas Lancang Kuning, Universitas Islam Riau, Universitas Riau, dll.

Lomba sendiri berlangsung dari jam 8 pagi. Setiap delegasi FH pun mempresentasikan karya essaynya. Wajah semangat terpancar dari setiap peserta lomba. Secara bergantian peserta lomba mempresentasikan ide dan inovasi yang mereka tuangkan di essay mereka. disela lomba peserta dari tim FH UNRI didatangi oleh ibunda Dr. Maryati Bachtiar.SH.,M.kn yang selaku wakil Dekan III untuk memberikan semangat bagi setiap peserta ,hal ini membuat semua peserta khususnya dari FH UNRI semakin bersemangat untuk menampilkan yang terbaik Setelah jam 3 sore maka samapailah pada penentuan babak 8 besar. Akhirnya FH UNRI mengirim 3 tim ke babak 8 besar. Yaitu : tim pertama Jovial Dan Fitri, tim kedua : irwansyah dan rafika dan tim ketiga yaitu : tim nurfadillah dan tim yesi.

Berbeda dibabak 30 besar yang mempresentasikan essay mereka maka di babak 8 besar peserta lomba harus menampilkan bakat seperti, menyanyi,menari,musik, olahraga dll.Setiap peserta diberi waktu 10 menit untuk melakukan persiapan sebelum menampilkan bakat. Disela menunggu peserta tim 8 besar menampil kan bakatnya. Peserta ,juri serta penonton dihibur oleh aksi peserta lain yang membawakan stand up komedi ala bahasa bengkalis dan penampilan solo dari Keviniel Abednego yang merupakn mahasiswa Fakultas Hukum UR. Kevin Membawakan lagu Indonesia pusaka.

Setelah para peserta dihibur oleh hiburan maka masuklah pada babak penampilan bakat. 8 tim terbaik akhirnya menampilkan bakat mereka. Dari Tim Irwansyah Dan Rafika menampilkan syair dan puisi. Dari tim Jovial dan fitri menampilkan puisi bertemakan kebangsaan dan Dari Tim Nurfadillah Dan Yesi menampilkan puisi dan tarian khas melayu, 8 tim pun menampikan bakat mereka. Tepat jam 5 akhirnya sampai pada pengumuman hasil juara. Rasa deg degan terpancar dari semua peserta dan saat pengumuman dibacakan oleh MC dan FH UNRI meraih juara 2 atas nama Tim Jovial Dan Fitri sontak seluruh perwakilan FH UNRI pun bersuka ria. Untuk juara 1 berasal dari Fakultas Sosial dan Ilmu Politik UNRI dan juara 3 di daptkan oleh UIR . Jovial dan Fitri pun akhirnya menjadi juara 2 berhak menerima sertifikat dan uang pembinaan.

Prestasi yang telah ditorekan Jovial dan Fitri tentunya telah melampui senior mereka Masco dan Alvin yang pada tahun 2017 meraih juara 3 lomba PCTA. Hasil prestasi ini kembali menambah daftar prestasi yang telah diukir oleh mahasiswa FH UNRI. Selamat untuk Jovial Dan Fitri dan selamat untuk Fakultas Hukum Universitas Riau, Semoga di PCTA 2019 FH UNRI dapat berprestasi kembali.

 

Sep 18, 2018 | Posted by in Berita | Comments Off on Fakultas Hukum UNRI Meraih Juara 2 Lomba PCTA 2018 Tinggkat Provinsi Riau