EVENT JURNALISTIK TABLOID SAKSI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS RIAU

Telah berlangsung kegiatan Opening Ceremony Event Jurnalistik yang di tadja oleh Tabloid Saksi Fakultas Hukum Universitas Riau, Sabtu 20 April 2019 yang bertempat di ruangan N1-N2 dengan mengangkat Tema “Independensi Pers Terhadap Maraknya Penggunan Tagar”.

Kegaiatan ini dihadiri oleh Ibunda Maryati Bachtiar SH.,M.Kn selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Hukum Universitas Riau, David Herlambang selaku gubernur Mahasiswa, Juni Syahputra selaku Ketua Umum Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Unri dan para tamu undangan yang hadir.

Sehari sebelum Opening Ceremony dilaksanakan, Tabloid saksi mengadakan Technical Meetting yang tujuan nya untuk menjelaskan dan memaparkan teknis perlombaan yang diadakan selama 10 hari ke depan.  Mulai dari tanggal 20 April-1 Mei 2019. Acara event ini mengusung 3 jenis perlombaan, yaitu Public Speaking (presenter berita), Fotografy, dan Videography.Penjelasan perlombaan dari panitia event diwakili oleh Aprilian Syahputra dan Mulvanny Vania Zulhas. Event Jurnalistik ini diselenggarakan untuk seluruh siswa SMA, Mahasiswa dan Terbuka untuk umum se wilayah Kota Pekanbaru. Kegiatan ini baru pertama kali di adakan oleh Tabloid Saksi.

Mengenai tema yang diangkat dalam event ini yaitu karena dewasa ini banyak oknum yang menggunakan tagar tanpa tahu maksud dan tujuan nya terlebih dahulu. Contohnya seperti #justiceforaudrey, #2019gantipresiden dan lain sebagainya. Memang benar pengggunaan tagar seperti itu tidaklah merupakan suatu kejahatan, melainkan itu suara atau aspirasi dan rasa simpati serta empati dari seseorang terhadap suatu hal, tetapi nanti takutnya akan menimbulkan beda penafsiran bagi yang membacanya. Dan pers juga menolak keras untuk pemberitaan Hoax yang akan menimbulkan kekacauan dan  perpecahan.

Setelah kegiatan dibuka secara resmi dimulai dari pembacaan Ayat Suci Alquran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, kata sambutan oleh ketua Panitia, gubernur mahasiwa, ketua umum DPM, dan bunda Maryati selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Hukum Unri dilanjutkan dengan Perlombaan Public Speaking dengan mengusung Tema “Perwujudan Sikap Kebangsaan kaum Milenial Terhadap Pesta Demokrasi”. Perlombaan dimulai dari pukul 10.00 Wib dengan mengundang 3 dewan juri diantaranya; Siti Aisyah Alumni SAKSI, Damar Ritonga dan Bulan Sianipar. Peserta lomba public speaking nampak antusias dan semangat untuk mengikuti perlombaan. Dan untuk perlombaan fotografi dan videografy mengusung tema “peran generasi milenial terhadap penyebaran Hoax”. teknis perlombaannya hanya mengirimkan karyanya melalui online saja dan menunggu pengumuman pemenang saat Closing Ceremony yang diadakan tanggal 1 Mei mendatang.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakan nya Event Jurnalistik ini yaitu untuk mengembangkan dan menyalurkan minat bakat siswa dan mahasiswa dalam bidang jurnalistik. Jurnalistik merupakan dunia yang menarik dan banyak memberikan manfaat terutama untuk pengembangan soft skill. Pelajar dan Mahasiswa pun rasanya perlu di perkenalkan dan di akrabkan dengan dunia jurnalistik seperti dalam bidang tulis menulis berita yang akan di muat di koran, majalah atau media massa elektronik lainnya, tata cara pengambilan gambar yang baik dan membuat video yang tidak hanya menarik tetapi ada maksud yang tersirat di dalamnya. Dengan memiliki keterampilan dalam mengelola media massa, maka peluang untuk terjun di bidang jurnalistik dan  pers akan terbuka lebar.

Sejatinya Jurnalistik tidak terlepas dari Pers yang merupakan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan  jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi, baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang berbeda. Peran pers sangat besar dalam realitas kehidupan, diantaranya adalah memberikan informasi sampai kepada masyarakat, baik tingkat atas, menengah, maupun tingkat bawah. Hal ini dikarenakan keberadaan pers di Indonesia sangat  terbuka dan dapat diterima masyarakat secara luas.

Kemerdekaan pers merupakan salah satu wujud kedaulatan rakyat dan menjadi unsur yang sangat penting untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang demokratis , sehingga kemerdekaan mengeluarkan pikiran dan pendapat sebagaimana tercantum dalam Pasal 28 Undang-Undang Dasar 1945 harus dijamin. Sebagaimana keberadaan pers dalam perspektif Undang-Undang, pers juga mempunyai peran dalam mencerdaskan anak bangsa, baik secara langsung maupun tidak langsung, yang bisa dimasukkan dalam bingkai pendidikan.

 Terlepas dari hal diatas, saat yang paling dinantikan para peseta pun sudah tiba. Rabu, 1 Mei 2019 diselenggarakan nya Closing Ceremony Event Jurnalistik Tabloid Saksi FH UNRI sekaligus pengumuman pemenang perlombaan daripada 3 cabang lomba tersebut. Pemenang lomba publik speaking yaitu juara 1 diraih oleh Rizky Sya’diah dari SMA Babussalam Pekanabaru. Juara 2 diraih oleh Aulia Purnama Ramadhan mahasiswa FH UNRI. Dan juara 3 doraih oleh Dwi Tegar dari SMK 2 pekanbaru. Untuk bidang fotografy juara 1 diraih oleh M. Fatkhurrohman Mahasiswa Universitas Udayana Bali. Juara 2 diraih oleh Amelia dari umum. Terakhir videography, juara 1 diraih oleh Team Satu Hati dari SMK 2 Pekanbaru. Dan juara 2 diraih oleh Capturo Team dari SMA N 5 Pekanbaru.

Tabloid Saksi dalam event jurnalistik ini juga menggandeng beberapa media partner seperti Tekad FISIP, Event Mahasiswa Pekanbaru, Mahasiswa Unri.  “Semoga Event Jurnalistik ini bukanlah menjadi sebuah ajang kompetisi yang pertama dan terakhir, tetapi ada jilid 2, 3, dan seterusnya mengingat Event ini perdana di adakan oleh Tabloid Saksi” tegas Indah Perdana selaku Ketua Pelaksana Event  Jurnalistik tersebut. (Red-indah perdana)

May 13, 2019 | Posted by in Berita | Comments Off on EVENT JURNALISTIK TABLOID SAKSI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS RIAU