Kuliah Umum Hadirkan Ketua Ombudsman RI

373Pekanbaru, bertempat di Gedung PKM (Pekan Kesenian Mahasiswa) Universitas Riau, Gobah, diadakan Kuliah Umum yang ditaja oleh Program Magister (S2) Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Riau. Sabtu, 29 Oktober 2016 Kuliah umum ini sudah yang kesekian kali dilaksanakan.

“Bahwa kuliah umum sudah menjadi agenda rutin yang dilakukan oleh Fakultas Hukum, baik itu program S1 maupun program S2 setiap tahunnya, ucap Dekan Fakultas Hukum UR dalam kata sambutannya.”

Menghadirkan Prof. Amzulian Rifai selaku Ketua Ombudsman Republik Indonesia dengan tema “Peran Ombudsman Republik Indonesia Dalam Penyelenggaraan Administrasi Negara Tahun Anggaran 2016”, kuliah umum yang dihadiri langsung oleh Ketua Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Riau, Rektor Universitas Riau, Dekan Fakultas Hukum serta seluruh civitas akademika.

Prof. Amzulian menjelaskan, yang menjadi problem utama lembaga negara adalah trust (kepercayaan), dimana publik sudah tidak percaya dengan kinerja dari lembaga negara, misalnya dalam pelayanan publik yang lambat, masih terjadinya diskriminasi. Kepercayaan publik terhadap lembaga negara umumnya rendah terhadap bekerjanya birokrasi, yang masih adanya pungli dan praktik korupsi.

Masalah pungli, sudah dibentuk Satgas Pungli yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, yang fungsinya sebagai intelijen, pencegahan, penindakan dan yustisi.

Kuliah umum yang berakhir di pukul 11.00 wib berjalan dengan baik dan lancar,  peserta sangat antusias dapat dilihat dari komunikatif nya antara narasumber dan peserta serta adanya kesempatan yang diberikan oleh moderator kepada peserta yang ingin mengajukan pertanyaan langsung kepada narasumber.

“Kuliah umum sebagai komitmen dari rektor dan dekan, jadi setiap mahasiswa punya pengalaman belajar dengan dosen-dosen tamu dari beberapa pihak termasuk lembaga negara. Mahasiswa agar memahami Ombudsman, bahwa ada lembaga negara tempat mereka berkeluh kesah ketika birokrasi tidak memberikan pelayanan, ujar Amzulian saat diwawancarai diakhir acara.”

Sumber : Tabloid Saksi FH UR

Reporter : Cica

Fotografer: Rizki

Oct 31, 2016 | Posted by in Berita FH | Comments Off on Kuliah Umum Hadirkan Ketua Ombudsman RI