Kegiatan Riau Law Fair 2019 Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Riau

Kegiatan Riau Law Fair 2019 Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Riau ini merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 21-24 Maret 2019 yang di dalamnya terdiri dari beberapa kegiatan yaitu Lomba Debat Nasional, Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional, Seminar Nasional dan Field Trip ke Siak. Kegiatan Riau Law Fair 2019 ini diikuti oleh berbagai 13 (tiga belas) Perguruan Tinggi se-Indonesia yaitu Universitas Andalas, Universitas Medan Area, UIN SUSKA Riau, Universitas Sumatera Utara, UPN Veteran Jakarta, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Jember, Universitas Negeri Semarang, Universitas 11 Maret, Universitas Ahmad Dahlan. Namun dalam hal ini, pada saat pertandingan berlangsung pada Lomba Debat Nasional dan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional tentu saja tidak secara langsung menggunakan nama Perguruan Tinggi, melainkan menggunakan nama-nama pahlawan Riau untuk Lomba Debat Nasional dan menggunakan nama-nama daerah yang ada di Riau untuk Lomba Karya Tulis Nasional. Hal ini bertujuan agar penilaian yang dilakukan oleh setiap juri tetap terjaga netralitasnya, supaya tidak terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

Adapun hasil perlombaan yang dilaksanakan dalam kegiatan Riau Law Fair 2019 ini ialah pada Lomba Debat Nasional, Juara I diraih oleh Tim Hang Tuah yang berasal dari UPN Veteran Jakarta, Juara II diraih oleh Tim Tengku Masdulhak yang berasal dari UIN SUSKA RIAU dan Juara III diraih oleh Tim Raja Ali Haji yang berasal dari Universitas Kristen Maranatha serta Pemenang Best Speaker diraih oleh delegasi yang bernama Junindra Duha yang berasal dari Tim Hang Jebat Univesitas Medan Area. Sementara pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional, Juara I diraih oleh Tim Rupat Utara yang berasal dari Universitas Islam Indonesia, Juara II diraih oleh Tim Bantan yang berasal dari Universitas Islam Indonesia juga, dan Juara III diraih oleh Tim Bunut yang berasal dari Universitas Gadjah Mada serta Pemenang Best Paper diraih lagi oleh Tim Rupat Utara yang berasal dari Universitas Islam Indonesia. Dengan melihat hasil perolehan kemenangan dari setiap perlombaan, maka Universitas Islam Indonesia dinyatakan berhasil meraih JUARA UMUM dan membawa pulang Piala Tuanku Tambusai pada Kompetisi Riau Law Fair 2019.

Selain itu, ada juga agenda Seminar Nasional Riau Law Fair 2019 yang merupakan salah satu bagian dari kegiatan Riau Law Fair 2019 ini yang diadakan pada tanggal 23 Maret 2019 di Gedung PKM Universitas Riau. Pada Seminar Nasional ini pihak Panitia mengundang Keynote Speaker yaitu Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) dan beberapa Pemateri yang sungguh luar biasa yaitu, Bapak  M. Rochadi Lubis dari Perwakilan SKK Migas, Bapak Prof. Jawahir Thontowi, SH.,P.Hd dan Bapak Prof. Suwardi, MS dan dipandu oleh Moderator yang sungguh luar biasa yang bernama Kakanda Irhamni, SH.,MH. Selain itu Seminar Nasional ini langsung dibuka oleh Wakil Gubernur Provinsi Riau. Alhamdulillah, kegiatan Seminar Nasional Riau Law Fair 2019 dapat berjalan dengan lancar. Setelah kegiatan Seminar Nasional ini dilaksanakan maka dilanjutkan oleh kegiatan Field Trip ke Istana Siak esok harinya tepat pada tanggal 24 Maret 2019.

Dengan diadakannya kegiatan ini, mahasiswa dapat mengembangkan potensinya dalam bidang akademik dan juga membangun rasa kekeluargaan serta menjalin silahturahmi mahasiswa antar perguruan tinggi se-Indonesia. Hasil capaian pada kegiatan ini syukur Alhamdulillah kegiatan yang ditaja oleh Dinas Pengembangan Potensi Sumber Daya Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Riau ini berjalan dengan lancar dan sukses sampai akhir acara.

Apr 15, 2019 | Posted by in Berita | Comments Off on Kegiatan Riau Law Fair 2019 Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Riau